Diskalkulia adalah gangguan pada kemampuan berhitung atau aritmatika. Menurut dr. Sri Hastuti Andayani, SpA,  ada banyak factor yang dapat menyebabkan terjadinya diskalkulia, antara lain kelainan pada otak, terutama dibagian penghubung antara bagian parietal dan temporal otak. Faktor keturunan juga bias menentukan.
Masih menurut nya pula, penderita diskalkulia umumnya anak-anak, tetapi tidak secara spesifik menyerang anak usia tertentu, biasanya terjadi pada saat anak menginjak usia sekolah sekitar usia 7 tahun.Penderita diskalkulia umumnya mempunyai IQ normal, tetapi adajuga yang melebihi rata-rata atau cukup tinggi.
Anak penderita gangguan ini akan dapat mengikuti pelajaran yang hanya memerlukan logika dan hafalan, seperti biologi atau bahasa, dan anak diskalkulia dapat berinteraksi normal seperti biasa hanya dalam pelajaran berhitung akan mengalami kesulitan.
MEODE PENYEMBUHAN
Secara khusus, sejauh ini belum ada obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Namun ada beberapa metode untuk merangsang penyembuhannya, yaitu :
1.      Individual tutorial
Metode ini memerlukan pendampingan dari spesialis berkompeten yang memiliki special skill untuk anak diskalkulia.
2.      Metode Visual
Yaitu pemberian gambar yang tidak membutuhkan angka, sambil disertai bicara untuk menerangkan gambar tersebut. Misalnya untuk 3 + 2 = …., dapat digantikan dengan menunjuk 3 gambar kucing dan 2 gambar kucing lalu menunjukan hasilnya 5 gambar kucing.
3.      Anak dirangsang untuk membaca, baik majalah, buku atau bacaan lain.
4.      Anak dirangsang dengan menggunakan music atau pendengaran irama.
Proses penyembuhan sangat tergantung dari orang tua, guru dan lingkungan sekitarnya. Peran orang tua perlu untuk mengoptimalkan kelebihan dan bakat dari anak dibidang-bidang lain yang tidak berhubungan dengan berhitung.

GEJALA-GEJALA YANG PERLU DIKETAHUI
1.      Penderita tidak mengerti dan memahami angka-angka, tidak mengetahui fungsi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian
2.      Tidak bias membaca nomor berurutan, misalnya angka 57 akan dibaca 75.
3.      Tidak emahami angka yang lebih besar atau lebih kecil, misalnya 12 dan 16.
4.      Bingung dengan angka yang mirip , misalnya 6 dan 9.
5.      Tidak dapat membaca table.
6.      Tidak dapat menentukan kanan atau kiri.
7.      Tidak dapat menentuka arah mata angin walaupun sudah diberi kompas.
8.      Mengalami kesulitan dalam embaca jam terutama jam digital.
LANGKAH-LANGKAH BAGI ORANG TUA YANG ANAKNYA DISKALKULIA
1.      Mencoba menvisualisasikan konsep matematis yang sulit dimengerti dengan menggunakan gambar, grafik ataupun kata-kata untuk membantu pemahaman anak.
2.      Hubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari., Misalnya mengitung piring ketika selesai makan, dll.
3.      Buat pelajaran matematika menjadi suatu pelajaran yang menarik.
4.      Menyuarakan konsep matematika yang sulit dimengerti dan meminta anak sia nak untuk mendengarkan secara cermat.
5.      Menuangkan konsep matematika ataupun angka-angka secara tertulis diatas kertas agar anak mudah melihatnya dan tidak sekedar abstrak.
6.      Seinglah mendorong anak melatih ingatan secara kreatif, misalnya dengan menyanyikan angka-angka.
7.      Pujialah setiap keberhasilan anak, karena pujian merupakan reward agar anak bertambah semangat.

November 16th, 2008 at 06:08
Diposting oleh aiiu.iOr

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates