Sabtu, 17 April 2010 di Sabtu, April 17, 2010 |  
Apa itu dyslexia? Dyslexia adalah suatu penyakit kesulitan dalam belajar yang menganggu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, mengeja dan terkadang berbicara. Dyslexia tidak menganggu tingkat intelektualitas seseorang karena pengidap dyslexia ditemukan dalam berbagai tingkat intelektualitas manusia. Para pengidap dyslexia memiliki gangguan hubungan syaraf yang menyebabkan sulitnya otak untuk menerjemahkan gambar dari mata dan telinga ke bahasa yang mudah untuk dimengerti. Dyslexia umumnya ditemukan pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Ada tiga tipe dyslexia, yang pertama adalah “trauma dyslexia” yaitu gangguan pada otak yang terjadi pada otak pada saat masih anak-anak. Lalu ada juga “dyslexia utama”, yaitu kerusakan yang terjadi pada otak bagian kiri hingga mempengaruhi kesulitan dalam menulis dan membaca. Yang ketiga adalah “dyslexia perkembangan”, yaitu dyslexia yang terjadi karena gangguan hormon yang terjadi selama masa pertumbuhan.

Beberapa gejala diantaranya bisa ditemukan pada usia awal seperti umur 7-8 tahun seperti kesulitan mengingat huruf dan angka, kesulitan mengekspresikan diri secara verbal dan kadang pula kesulitan untuk berbicara secara lancar sehingga terkesan untuk bicara gagap. Mereka juga sering bicara terbalik-balik seperti “aminal” untuk “animal”(binatang), “hekalopter” untuk ”helicopter”(helicopter) dan lain sebagainya.

Belum ada penyebab pasti mengapa dyslexia terjadi, namun dikatakan bahwa salah satu penyebabnya adalah faktor keturunan. Dyslexia tidak dapat disembuhkan secara total, namun keadaannya bisa diperbaiki dengan berbagai terapi, diet makanan khusus hingga vitamin dan nutrisi khusus.

Di Indonesia sendiri, dikabarkan bahwa Nirina Zubir adalah salah seorang pengidap dyslexia, namun hal itu tidak menghambatnya untuk mempelajari berbagai bahasa dari Inggris, Cina, Jepang hingga Korea. Terbukti bahwa dyslexia bukanlah suatu hambatan, melainkan suatu “keistimewaan” yang unik.


Sumber:
www.wikipedia.com
http://www.medicinenet.com/dyslexia/article.htm
tabloid “Wanita Indonesia”, edisi April 2009
www.images.yahoo.com
Diposting oleh aiiu.iOr

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates